Cara Berjualan Online di Facebook Page

Jualan online di facebook tidak bisa disamakan dengan online shop pada website. Dimana onlineshop pada website akan mendatangkan pengunjung tatkala sudah bagus teroptimasi dan mudah ditemukan oleh Search Engine (Mesin Pencari) ataupun dirrect visitor (bagi brand yang sudah terkenal bagi konsumen). Yang ini lain daripada yang lain, butuh effort dan konsistensi, mari kita simak.

Aktivitas step by step jualan/selling pada fanpage facebook secara efektif adalah sebagai berikut:
1. Mulailah belajar cara membuat fanpage facebook yang professional. Dimana informasi lengkap dan berbagai alat bantu di dalam fanpage facebook tersedia untuk lebih meyakinkan calon pembeli disediakan kepada customer.
2. Membangun fans dengan memperbanyak like facebook fanpage secara tertarget. Setelah fanpage facebook sudah terbuat, walaupun belum terdapat fans atau dapat dikatakan jumlah like masih “0” mulailah upload Foto Produk, update beberapa status, namun jangan terlalu sering cukup sekedar menunjukan bahwa Online Shop di Facebook Anda itu benar adanya dan mempunyai aktivitas sehingga lebih menarik pengunjung untuk like halaman facebook Anda. Bedakan dengan fanpage facebook yang belum diupdate apa-apa dan mulai memaksakan diri untuk menambah like, tentu hasilnya tidak lebih maksimal.

3. Mulai melakukan aktivitas Interaksi dan sharing berbagai hal yang berhubungan dengan Fanpage Facebook Anda. Misalkan Online Shop Facebook Anda adalah Baju Muslimah, maka sesekali berikanlah tips memakai busana muslimah yang syar’i dan sesuai syari’at islam, bagaimana cara yang baik untuk mencucinya, serta perawatan dsb. Inilah pentingnya mengetahui Behaviour Facebook dan Soft-Selling.

4. Meyakinkan kepada customer bahwa Anda bukan merupakan Online Shop penipu; hal ini jika sudah berhasil akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli, adapun langkahnya adalah: (a) Sertakan alamat website pada deskripsi facebook page/halaman facebook Anda bahwa Online Shop Anda juga mempunyai website resmi (b) Upload foto-foto bukti pengirman untuk memberikan edukasi bahwa Online Shop Anda terpercaya dan sudah biasa melakukan pengiriman secara Online (c) Upload juga Real Testimonial (bisa didapat dari dialog di Blackberrry Messanger, SMS, komentar dan pesan/inbox di Fanpage Facebook Anda).

5. Seimbangkan antara jumlah update dengan Jumlah Fans. Ketika fanpage facebook Anda masih pada tahap awal jangan terlalu “ngoyo” atau “membombardir” fanpage facebook Anda dengan jualan. Misalkan jumlah fans masih sekitar 200 like idealkan untuk 1 hari satu kali saja. Karena yang akan melihat update itu bukanlah 200 fans, berapa yang Online dari 200 fans itu ketika Anda update? Berapa yang melihat update itu dari jumlah diantara yang Online? Perhatikan ilustrasi dialog berikut ini.

—-
Amin seorang penjual baju keliling, dia menjual baju ke suatu komplek perumahan, akankah dia menawarkan baju tersebut ketika melewati rumah yang sama berkali-kali?

Amin: “Mbak, ini ada baju bagus, sangat cocok jika dipakai untuk mbak…”
Ibu-ibu: “Tidak bang, saya masih punya stock”

1 hari berselang jika dia menawarkan kembali ke orang tersebut merupakan hal yang, maaf, “kurang cerdas” bukan? Idealnya dia mengunjungki kembali ibu tersebut selang misalkan beberapa hari atau minggu kemudian sembari dia berkeliiling memperluas area penjualan di komplek lain.
—–

Ilustrasi “berkeliiling memperluas area penjualan di komplek lain” pada facebook page ialah sembari menyesuaikan jumlah postingan update kepada fans yang sama aktivitas pada point 2) (baca: menambah likefacebook page) harus terus dilakukan agar memperbanyak calon konsumen. Ketika fans sudah mulai banyak Anda dapat menyeimbangkan untuk update jualan dan jangan lupakan point nomor 3).


6. Hendaklah Anda tahu, jika update Anda tidak konsisten, maka probabilitas update Anda tidak dilihat oleh Fans Anda makin meningkat. Pasti Anda pernah berdecak kagum ketika melihat fanpage facebook yang jumlah fans nya sangatlah banyak namun interaksi fans sedikit (engagement sedikit; like, comment,share) itu karena salah satu penyebabnya tidak konsisten update, misalkan pada suatu ketika fans sudah banyak dan rajin update dalam 1 bulan, bulan berikutnya ketika ada suatu kesibukan facebook Page tidak diupdate selama katakanlah 1 minggu, maka reach/jangkauan akan turun, maka dari itu pentingnya Anda mempelajari Cara Meningkatkan Reach di tengah aturan Alogaritma EdgeRank.

7. Pahami bahwa Social Media tidak seperti SEO (Search Engine Optimization) dimana SEO kita diupayakan bekerja keras diawal hingga website kita bagus di Search Engine kemudian pekerjaan menjadi berkurang, dalam Social Media butuh ketelatenan, disini bukan memilih baik yang mana antara SEO dan Social Media, semuanya dibutuhkan, bisnis online harus menyeimbangkan SEO, Social Media, dan Faktor Konversi Penjualan.


8. Jika Anda membaca point 7 dan merasa putus asa, tambahkanlah Team Social Media pada bisnis Anda. Setidaknya Anda dapat menambahkan lebih dari satu admin pada fanpage Anda untuk membagi tugas.

Jika anda ingin mendalami seluk beluk lengkap bisnis online via facebook, silakan baca FBDOMINATION.

 

sumber : http://www.fanspage-id.com/2013/04/cara-berjualan-online-di-facebook-page.html

Pengunjung juga mencari :

  • bisnis online fb

This article has 1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *