Cerita Unik Di Balik Nama Sebuah Perusahaan Teknologi Raksasa Dunia

Nama mempunyai arti penting bagi setiap orang, demikian juga bagi sebuah perusahaan teknologi. Sebuah nama dipilih agar mudah bagi setiap orang untuk mengingatnya. Namun nama-nama bagi sebuah perusahaan terkadang datang dari sesuatu hal yang tidak disangka sebelumnya, tapi sekarang menjadi sebuah nama perusahaan raksasa dunia. Berikut diantaranya:

1. Google 
Pada awalnya Sergey Brin dan Larry Page menamai proyeknya ini dengan nama “Back Rub”. Namun akhirnya mereka mengubahnya menjadi “Google”, yang berasal dari istilah matematika “googol”. Googol adalah istilah dari angka satu yang diikuti oleh seratus nol. Nama ini dipilih untuk mewakili sebuah mesin pencari yang dapat menyediakan informasi yang tidak terhitung banyaknya bagi penggunanya.

2. Twitter 
Twitter diciptakan oleh Jack Dorsey pada 21 Maret 2006. Namun pada saat itu namanya bukan Twitter, melainkan “Twitch”, yang terinspirasi dari jenis bunyi telepon yang bergetar ketika ada panggilan masuk. Tapi Twitch dinilai tidak mewakili sebuah situs microblogging dan social networking secara tepat. Akhirnya nama Twitter dipilih karena mempunyai arti informasi pendek dari informasi yang tidak penting dan juga berarti bunyi burung.

3. Yahoo 
Yahoo didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada 18 Januari 1995. Pada awalnya Jerry dan David menamai proyeknya dengan “Jerry’s guide to the world wide web”, yang didirikan pada Januari 1994. Dan 1 tahun kemudian mereka mengubahnya menjadi “Yahoo” , kepanjangan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle“.

4. Apple 
Apple didirikan oleh 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Menurut Steve Wozniak, Steve Jobs memilih nama “Apple Computer” saat mengemudi di Highway 85 antara Palo Alto dan Los Altos. Mungkin saat itu Steve tengah bekerja di pohon apel saat nama tersebut tercetus.

5. Skype 
Menyebut nama layanan Voice Internet Protocol (VoIP), pasti identik dengan Skype. Nama yang singkat, padat namun mudah diingat. Skype didirikan oleh Janus Friis dan Niklas Zennström pada Agustus 2003. Tapi tahukah Anda, ternyata nama awalnya adalah “Sky peer-to-peer”. Karena dirasa terlalu panjang, lalu dipangkas menjadi “Skyper”. Kemudian, saat mendaftarkan nama karena pembatasan domain nama, huruf “r” pun akhirnya dilepaskan.

6. Zynga 
Zynga adalah nama sebuah perusahaan provider of social game services yang berlokasi di San Francisco, California. Mark Pincus, sang pendirinya mengaku mendapatkan inspirasi membuat nama perusahaanya pada April 2007 dari nama anjing American bulldog kesayangannya, yakni Zinga. Bukan bermaksud memplesetkan nama Zinga menjadi Zynga, akan tetapi memang saat Pincus mendaftarkan nama domain Zinga ternyata sudah ada yang memilikinya, sedangkan Zynga.com belum.

Sumber: http://sekilasinfoforyou.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *